ITM

Mahasiswa ITM Magang di Perusahaan Asing

Written by PA-ITM

On Mei 5, 2017

SEJUMLAH mahasiswa Ins­titut Tek­nologi Medan (ITM) dari Program Studi Teknik Elektro sejak November 2016 melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (Magang) di berba­gai perusahaan asing.

Antara lain, Perusahaan Si­nohydro Corporation Ltd yang tengah mengerjakan pemba­ngunan proyek pembangkit tenaga listrik bertenaga uap (batubara) di Pangkalansusu, Langkat, Sumatera Utara.

Suhario Tanamo Aidi salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITM yang mengikuti PKL itu, baru-baru ini di Medan, mengaku bangga bisa diterima magang di proyek PLTU tengah dikerjakan peru­sahaan raksasa dari Tiongkok.

“Saya bisa diterima meng­ikuti PKL di Sinohydro Cor­poration Ltd,” katanya yang mengaku sudah selesai men­jalani kerja magang di peru­sahaan asing yang kini tengah mengerjakan proyek pem­bangkit listrik bertenaga uap batubara (coal Power Plant) unit 3 dan 4 kapasitas 2x 200 MW di Dusun 6 Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangka­lansusu, Kabupaen Langkat, Sumatera Utara.

Menurutnya, selama melak­sanakan PKL di perusahaan tersebut, banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman berharga yang tidak diperoleh di kampus.

“Berbagai ilmu dan penga­laman saya peroleh, mulai bagaimana managemen dalam suatu proyek hingga eksekusi dalam membuat proyek,” kata mahasiswa yang kini akan memasuki semester delapan sebagai tahap akhir per­ku­liahan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pejabat di pe­rusahaan itu karena ilmu dan pengalaman diperoleh dari para tenaga ahli asing dari Tiongkok itu yang tidak bisa berbahasa Indonesia kecuali berbahasa Inggris atau bahasa Mandarin sebagai bahasa keseharian me­reka.

“Saya baru tahu akan pen­tingnya penguasaan bahasa asing seperti bahasa Inggris sehingga bisa berkomunikasi dan malah bisa memantapkan hubungan dengan masing-masing tenaga ahli asing dari Tiongkok itu,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, kata­nya, faktor lingkungan pun menjadi ilmu tambahan bagi­nya dikarenakan di sana ba­nyak pekerja asing asal Tiong­kok sehingga mau tidak mau harus mampu beradaptasi de­ngan cepat.

Dia juga mengakui, bekerja di per­usahaan asing sangatlah disiplin dan menjunjung kete­patan waktu, mulai dari jam masuk hingga jam pulang sa­ngat terstruktur. “Apabila selesai pembangunan PLTU unit 3 dan 4 di Pangkalansusu ini diharapkan bisa mengatasi defisit listrik di daerah Sum­bagut,” pungkasnya. (rel/bardansyah)

You May Also Like…

Lomba Desain Logo PA ITM

Dalam rangka pembaharuan organisasi PERKUMPULAN ALUMNI INSTITUT TEKNOLOGI MEDAN mengadakan sayembara pembuatan logo PA ITM. Lomba ini dikhususkan bagi rekan-rekan Mahasiswa/i Institut Teknologi Medan, dan alumni Institut Teknologi Medan.     KERANGKA ACUAN...

Live Update Covid 19

[display_covid_19_data countries="China,Indonesia" bg_color="#000000"][display_covid_19_global_data bg_color="#000000"] [display_covid_19_data_line_chart country="Indonesia"]

Pengukuhan Dewan Pengurus Nasional PA ITM

Pengukuhan Dewan Pengurus Nasional PA ITM

  Sabtu, 29 Februari 2020, Dewan Pengurus Nasional Perkumpulan Alumni Institut Teknologi Medan periode 2019 - 2021 (DPN PA-ITM), resmi dilantik di Hotel Madani, Medan, Sabtu (29/2). Pelantikan dipimpin Dewan Penasehat, Ir Masfar Awaloeddin, turut hadir dalam...

0 Comments

Submit a Comment

Comodo SSL